Rabu, 29 Februari 2012

Tahun Kabisat





Apakah kamu menyangka bahwa tahun kabisat adalah tahun yang habis dibagi 4? Apakah selama ini anda mengira bahwa tahun kabisat terjadi setiap 4 tahun sekali? Mungkin beberapa dari kita berpikiran bahwa tahun kabisat terdefinisi seperti di atas, namun mungkin beberapa dari kita telah mengetahui definisi asli dari tahun kabisat. Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa ada tahun kabisat. Untuk lebih jelasnya, ayo kita simak artikel ini dengan seksama karena butuh konsentrasi tinggi, (hehehe lebay deh). okelah ceck it dot. :D

Tahun Kabisat (Bahasa Inggris: Leap Year) adalah sebuah Tahun Syamsiah di mana pada tahun tersebut jumlah hari tidak terdiri dari 365 hari tetapi 366 hari.




Satu tahun syamsiah tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari, 5 jam, 48 menit dan 45,1814 detik. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap empat tahun akan kekurangan hampir satu hari. itulah penyebab tahun kabisat



Maka untuk mengkompensasi hal ini setiap empat tahun sekali (tahun yang bisa dibagi empat), diberi satu hari ekstra: 29 Februari. Tetapi karena 5 jam, 48 menit dan 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000).



Terdapat algoritma mudah untuk menentukan apakah suatu tahun termasuk tahun kabisat atau bukan:
Pertama, jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.
Kedua, jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.
Ketiga, jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.
Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.
materi referensi:
wikipedia


begitulah ceritanya mengapa ada tahun kabisat... ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar